Cara Menambahkan Events Tracker Button di Elementor Dengan Mudah

Cara Menambahkan Events Tracker Button di Elementor

Table of Content

Assalamualaikum, Teman-teman? hari ini kita akan Belajar Tutorial Menambahkan Events Tracker di Elementor Dengan Events Tracker for Elementor Plugin

Elementor adalah salah satu plugin WordPress yang populer untuk mendesain halaman web dengan tampilan yang menarik dan responsif. Dengan menggunakan Elementor, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengedit halaman web tanpa harus memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam.

Namun, ketika Anda menggunakan Elementor untuk membuat halaman web, terkadang Anda juga perlu menambahkan fitur pelacakan acara atau events tracking. Fitur ini sangat penting dalam melacak dan menganalisis perilaku pengguna di halaman web Anda, seperti mengklik tautan, mengisi formulir, atau melakukan pembelian.

Events Tracker for Elementor adalah plugin WordPress yang dirancang khusus untuk memudahkan penambahan pelacakan acara di halaman web yang dibuat menggunakan Elementor. Plugin ini menawarkan antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna, sehingga siapa pun, bahkan yang tidak memiliki pengalaman pemrograman, dapat dengan mudah menggunakannya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan Events Tracker di Elementor menggunakan Events Tracker for Elementor Plugin:

Langkah 1: Instalasi dan Aktivasi Plugin

  • Buka dashboard WordPress Anda.
  • Pergi ke menu "Plugin" dan klik "Tambah Baru".
  • Cari "Events Tracker for Elementor" di kotak pencarian.
  • Klik "Pasang Sekarang" pada plugin yang sesuai.
  • Aktifkan plugin setelah proses instalasi selesai.
Baca Juga  Tips & Trik RAHASIA Mendapatkan ELEMENTOR PRO Gratis

Langkah 2: Konfigurasi Plugin

  • Setelah plugin diaktifkan, pergi ke menu "Pengaturan" dan pilih "Events Tracker for Elementor".
  • Di halaman pengaturan plugin, Anda dapat mengkonfigurasi opsi pelacakan acara sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih jenis acara yang ingin dilacak, seperti klik tombol atau mengisi formulir.
  • Anda juga dapat menyesuaikan label dan tindakan yang akan digunakan dalam pelacakan acara. Misalnya, Anda dapat menentukan label "Pesan Dikirim" dan tindakan "Kirim Pesan" untuk menandai ketika pengguna mengirim formulir.

Langkah 3: Menambahkan Pelacakan Acara ke Halaman Elementor

  • Buka halaman web yang ingin Anda tambahkan pelacakan acara menggunakan Elementor.
  • Pilih elemen atau widget di halaman web yang ingin Anda lacak acaranya.
  • Di panel sisi kanan Elementor, Anda akan melihat tab "Advanced".
  • Klik tab "Advanced" dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian "Events Tracker".
  • Aktifkan pelacakan acara untuk elemen tersebut dengan mengklik tombol "Enable".
  • Anda dapat menyesuaikan label dan tindakan yang akan digunakan untuk pelacakan acara spesifik ini.

Langkah 4: Menampilkan dan Menganalisis Data Pelacakan

  • Setelah Anda menambahkan pelacakan acara ke halaman web menggunakan Events Tracker for Elementor, Anda dapat melihat dan menganalisis data pelacakan di dashboard WordPress Anda.
  • Pergi ke menu "Events Tracker" di dashboard WordPress.
  • Di sini, Anda akan melihat laporan dan statistik terkait pelacakan Events yang telah Anda tambahkan. Anda dapat melihat jumlah klik, pengisian formulir, atau tindakan lainnya yang dilakukan oleh pengguna.
Baca Juga  Cara Optimasi & Meningkatkan SEO di WordPress

Plugin Events Tracker for Elementor juga menyediakan grafik dan diagram yang membantu Anda memahami pola perilaku pengguna di halaman web Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam merancang dan mengoptimalkan halaman web Anda.

Selain itu, plugin ini juga menyediakan fitur pelacakan konversi. Anda dapat menentukan tindakan tertentu sebagai tujuan konversi, seperti mengklik tombol pembelian atau mengirim formulir, dan melacak berapa banyak pengguna yang mencapai tujuan tersebut. Informasi ini berguna untuk mengukur tingkat konversi dan efektivitas kampanye pemasaran Anda.

Dalam mengoptimalkan pelacakan acara menggunakan Events Tracker for Elementor, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Pilih acara yang relevan: Pilih jenis acara yang ingin Anda lacak dengan bijaksana. Fokuslah pada acara yang memberikan wawasan berharga tentang perilaku pengguna yang ingin Anda analisis.
  2. Beri label yang jelas: Pastikan Anda memberi label yang jelas dan deskriptif untuk setiap acara yang Anda lacak. Ini akan memudahkan Anda dalam memahami dan menganalisis data pelacakan.
  3. Analisis data secara teratur: Luangkan waktu untuk secara teratur menganalisis data pelacakan yang Anda peroleh. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi tren, pola, atau perubahan yang perlu Anda perhatikan.
  4. Menerapkan perubahan berdasarkan hasil analisis: Setelah menganalisis data pelacakan, terapkan perubahan atau perbaikan yang diperlukan pada halaman web Anda. Misalnya, jika Anda melihat bahwa banyak pengguna tidak mengklik tombol pembelian, Anda dapat mencoba mengubah posisi atau tampilan tombol untuk meningkatkan konversi.
Baca Juga  Cara Membuat Sticky Header di Elementor

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang bagaimana menambahkan Events Tracker di Elementor menggunakan plugin Events Tracker for Elementor. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat dengan mudah melacak dan menganalisis perilaku pengguna di halaman web Anda. Pelacakan acara adalah alat yang berguna dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan mengoptimalkan konversi.

hqdefault

Saya lebih suka ketika anda bertanya tentang topik yang sedang dibahas, atau ingin request tentang yang lain? langsung aja ▼ di Komentar

Share this
Sandi Hermawan

Sandi Hermawan

Perkenalkan saya Sandi Hermawan, seorang praktisi digital marketing yang memulai karir sebagai Web Developer. Saya ingin berbagi pengalaman, informasi dan tips dan trik.

You might also like

Go up